9 Jul 2010

Konfigurasi Pengaturan Warna (Color Settings) Pada Adobe Photoshop

Pengaturan warna berpengaruh terhadap hasil foto kita pada Photoshop, dan mengkonfigurasinya dengan benar dapat membuat perbedaan yang cukup signifikan. Sering kali, ketika fotografer mengeluh tentang kualitas cetak yang kurang memuaskan dari printer mereka, kesalahan ini pada umumnya terkait dalam pengaturan manajemen warna (Color Management) atau setting profil monitor yang tidak akurat.
Pada awalnya, saya juga lebih senang dengan warna-warna nge-jreng, yang menurut saya cukup menarik mata. Namun, setiap monitor memiliki karakteristik berbeda. Demikian pula hal-nya dengan para fotografer. Dan sering pula saya mendapat kritikan bahwa foto-foto yang biasa saya upload di akun facebook atau di beberapa situs fotografi, warna-nya terlalu dominan atau biasa disebut "berlebihan " (oversaturated). Sehingga hal ini membuat saya agak sedikit bingung. Tapi mungkin ini bukan harga mati, karena tone dan warna dalam fotografi oleh kebanyakan orang juga dianggap sebagai selera.

Berikut sedikit tips dan trik untuk "mengubah" tone dan warna dari foto yang berwarna ng-jreng, menjadi "nyaman" untuk dilihat mata. Dan sebagai catatan, saya menggunakan Adobe Photoshop CS4. Namun saya rasa pada versi di bawahnya letak dan cara setting tidak jauh berbeda.
Setelah selesai dengan proses editing, dan kemudian siap untuk menyimpan file foto Anda. Lakukan terlebih dahulu langkah-langkah berikut:
Buka/ klik menu EDIT>COLOR SETTINGS.





Kemudian berikutnya akan tampil scroll box seperti ini:



Setelah itu, klik pada bagian SETTINGS (yg dilingkari merah), pilih profile "North America General Purpose 2" atau "North America Prepress 2". Dan saya sendiri memilih untuk menggunakan yang pertama. Secara teknis (mungkin) ada perbedaan yang cukup signifikan. Namun setelah saya mencoba keduanya, dan tidak begitu banyak perbedaan. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada bagian "Description" yang ada di bagian bawah scroll box. Namun bagi Anda yang kurang memahami maksudnya, terlebih dalam bahasa Inggris, lain waktu akan saya coba untuk share di artikel berikutnya.

Setelah selesai dengan pilihan Anda, berikutnya klik "OK".

Sedangkan cara penggunaannya adalah sebagai berikut:






































Klik kembali pada menu "EDIT">"ASSIGN PROFILE", maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Selanjutnya akan keluar tampilan seperti ini :


Anda tinggal memilih dari "Profile Adobe RGB (1998)" > "Working RGB: sRGB IEC61966-2.1". Dan perhatikan perbedaan/ perubahan dari tone serta warna yang didapat. Jika sudah memilihnya tinggal klik OK dan simpan foto hasil editing Anda. Pada scroll box profile tersebut juga terdapat berbagai pilihan , mungkin  beberapa opsi lainnya bisa menjadi acuan Anda dalam editing foto.

Sangat mudah bukan... :-)

Bagi saya sebagai pemula di bidang fotografi, tentu hal ini cukup membantu. Terlebih untuk mengurangi resiko pengolahan tone & warna yang cenderung oversaturated.

Sebagai catatan, pengaturan ini direkomendasikan oleh JAY KINGHORN & JAY DICKMAN. Siapa sih kedua orang ini???. JAY DICKMAN adalah fotografer profesional yang pernah memenangkan "Pulitzer prize-winning National Geographic phorographer", sedangkan JAY KINGHORN sendiri adalah seorang pakar dalam dunia fotografi digital. Keduanya juga merupakan penulis buku-buku tentang fotografi. Selengkapnya mungkin bisa googling aja yah... :)
Last but not least, kedua dibawah adalah hasil editing saya menggunakan kedua profile di atas,  masing-masing menggunakan profil Adobe RGB (1998) dan sRGB. Apakah Anda dapat menemukan perbedaan tone & warna pada keduanya... :-)




Semoga bermanfaat...

Salam.



Diambil dari berbagai sumber.

10 comments:

  1. yuah warna lebih kenceng broww huuu pengen nyoba tp masih cs3,, postingannya ku share d FB yaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pake CS2 ja bisa, apalagi CS 3..
      coba dulu deh Gan

      Delete
  2. Thx sdh berkunjung. Semoga bermanfaat... :-)

    ReplyDelete
  3. Mantap ni Bro
    THX sudah berbagi, warnanya jdi lebih segaaaaaar

    ReplyDelete
  4. mantap ni brother
    sangat membantu
    warna jdi lbih segar. mo coba nanti klo nyetak

    ReplyDelete
  5. Hampir sebagian besar majalah-majalah & cetakan foto di luar memakai "profil" sRGB... :)

    ReplyDelete
  6. makasih bos...
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. udah sy coba gan,cuman koktetap piyuh / warnanya berubah y?
    sy pke cs6 dan profil warna nya ngikutin kamera canon yaitu SRGB,, cuman kenapa setiap export hasil nya malah hancur y gan?
    ada caraq lain kah gan?
    ap saya harus kalibrasi monitor saya?
    makasih..mohon infonya gan

    ReplyDelete